Komponen Penunjang Keberhasilan Rumah Walet

Membangun dan membina gedung walet yang sesuai dengan kehendak dan kenyamanan burung walet memang yang susah-susah gampang. Kondisi lingkungan serta populasi walet yang ada sangat menentukan jepat atau tidaknya sebuah rumah burung walet berkembang. Namun terlepas dari itu semua kita harus tetap selalu mengoptimalkan kondisi gedung guna memberikan yang terbaik bagi burung liur emas ini. Banyak sekali komponen yang dapat kita gunakan untuk menunjang budidaya sarang burung walet.

Komponen ini berguna untuk menciptakan kenyamanan baik dari segi suhu dan kelembaban, daya pikat, dan kenyamanan burung dalam ruangan. Berikut akan kita bahas komponen apa saja yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan sebuah rumah walet.


1. Perangkat audio
Walaupun sejatinya awal mula budidaya walet tidak banyak menggunakan perangkat audio. Bahkan ketika awal walet ini dikembangbiakkan dengan bermodalkan bangunan kosong tanpa instalasi audio walet akan tetap masuk. Namun berbeda dengan kondisi sekarang di mana saat ini gedung yang mencari burung, bukan lagi burung cari gedung. Oleh sebab itu penggunaan perangkat audio sangat disarankan untuk memikat burung walet agar mau mendekat dan menginap. Perangkat audio ini terdiri dari amplifer, Twitter, adaptor, dan lain-lain.

2. Kolam air
lagi-lagi suhu dan kelembaban menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam ruangan tempat tinggal burung walet. Dimana ketika suhu dan kelembaban tersebut dirasa nyaman bagi walet maka ia akan betah tinggal di ruangan tersebut. Penggunaan kolam air sebenarnya tidak diharuskan jika tanpa kolam suhu dan kelembaban sudah tercapai. Namun jika suhu dan kelembaban masih jauh dari angka optimal maka penggunaan kolam air sangat disarankan. Namun sirkulasi dan pergantian air lama dengan air baru harus diperhatikan agar tidak terjadi pencemaran yang disebabkan oleh air yang kotor akibat bercampur dengan kotoran walet.

3. Mesin pengabut
Sama halnya dengan kolam air, mesin pengabut juga digunakan untuk menciptakan kelembaban udara yang dihasilkan oleh kabut-kabut kecil dari getaran air pada mesin tersebut. Walaupun penggunaan mesin kabut cukup efektif namun harus diperhatikan selama penggunaannya. Karena jika mesin kabut digunakan secara berlebihan akan berdampak negatif pada kelembaban yang sangat tinggi dan akan merusak kualitas papan sirip, juga kualitas sarang walet.

4. Tenaga surya
penggunaan panel tenaga surya merupakan alternatif yang sangat baik digunakan bagi rumah walet yang tidak terjangkau oleh aliran listrik. seperti kita ketahui perangkat audio harus selalu standby aktif terutama suara inap. oleh sebab itu jangan sampai perangkat audio itu mati dalam waktu yang cukup lama. Panel tenaga surya dapat dijadikan alternatif bagi sumber energi dari perangkat elektronik yang kita gunakan pada rumah walet.

Simak video pembahasanya berikut

0 Response to "Komponen Penunjang Keberhasilan Rumah Walet"

Post a Comment