Siklus Hidup Burung Walet dan Waktu Panen

Sebagai petani walet diperlukan pemahaman tentang siklus burung walet. Karena siklusi hidup burung walet merupakan acuan bagi petani walet dalam hal memperhatikan masa panen dan meningkatkan populasi burung walet. Banyak petani walet yang hanya tahu memetik sarang saja, tanpa memperhatikan siklus hidup burung. Alhasil perkembangbiakan burung akan terhambat dan kualitas sarang dapat menurun. Siklus hidup burung walet memeiliki perbedaan antara musim penghujan dan musim kemarau. Hal ini karena dimusim penghujan walet lebih cepat dalam membuat sarang, persedian makanan pun melimpah dibanding musim kemarau. Untuk mengetahui siklus hidup burung walet Anda bisa melihat gambar di bawah ini.
Siklus Hidup Burung Walet dan Waktu Panen
Sumber: Biro Pusat Rehabilitasi Sarang Burung dan
Direktorat Jendral Kehutanan, 1979

Dengan melihat siklus hidup burung walet pada gambar di atas diharapkan petani walet dapat dengan bijak menentukan masa panen/memetik sarang. Sarang burung walet dapat diambil atau dipanen apabila keadaannya sudah memungkinkan untuk dipetik. Hal ini dikaitkan dengan beberapa faktor, yaitu musim, keadaan burung walet, dan kualitas sarang burung. Untuk melakukan pemetikan ini, perlu cara dan ketentuan tertentu agar hasil yang diperoleh bisa memenuhi mutu sarang walet yang baik. Apabila salah memanen, maka akan berakibat fatal bagi gedung walet dan bagi burung walet itu sendiri. Ada kemungkinan burung walet akan merasa terganggu dan pindah tempat. Untuk mencegah kerugian ini, para pemilik gedung walet perlu mengetahui teknik dan waktu pemanenan berdasarkan siklus hidup burung walet itu sendiri.

1 Response to "Siklus Hidup Burung Walet dan Waktu Panen"

  1. Terus berkarya mas dian semoga diberikan kenudahan dlm segala usaha mas Dian dan diberikan rezeki yg banyak dan barokah aamiin

    ReplyDelete