Upaya Peningkatan Produksi Sarang Walet


Upaya Peningkatan Produksi Sarang Walet
Pengingkatan Kualitas Produksi Sarang Walet


Untuk meningkatkan produksi sarang walet, perlu dilaksanakanusaha melipatgandakan hasil sarang burung dari gedung walet yang ruangannya relatif terbatas. Usaha ini sangat berkaitan dengan perkembangan populasi burung walet yang menempati gedung tersebut. Usaha-usaha yang perlu dilaksanakan adalah seperti berikut.

  1. Melakukan penetasan telur, minimal sekali dalam setahun. Hal ini berkaitan dengan program "panen sarang tetasan". 
  2. Melaksanakan sistem "putar telur" pada sarang sriti yang ikut menghunigedung tersebut dan memanfaatkan telur walet dari ”panen buang telur". 
  3. Memancing burung walet dari luar agar mau menempati dan akhirnya bersarang dalam gedung walet. Hal ini dapat dilakukan dengan pemutaran kaset rekaman suara burung walet atau sriti. Usaha ini sebaiknya diikuti dengan peningkatan kondisi gedung agar walet yang sudah masuk tidak keluar lagi. 
  4. Perbanyakan sirip. Untuk mengimbangi peningkatan populasi dalam kandang dan perlu diperbanyak jalur-jalur kayu (sirip), tempat walet bersarang di dalam gedung. Dengan demikian, daya tampung gedung lebih besar. 
  5. Memberikan makanan tambahan (extra fooding), terutama pada musim kemarau karena pada musim ini alam sangat kekurangan bahan makanan untuk walet. 6. Mencegah dan memberantas hama-hama yang dapat muncul dan menganggu/membunuh walet agar usaha peningkatan populasi walet tidak terhambat.
Dengan memperhatikan tips di atas diharapkan para petani walet dapat mengembangkan usahanya dibidang budidaya walet.

Tag: Upaya Peningkatan Produksi Sarang Walet

0 Response to "Upaya Peningkatan Produksi Sarang Walet"

Post a Comment