Jenis-Jenis Parfum Aroma Walet Yang Digunakan Peternak Walet

Untuk mengoptimalkan budidaya sarang burung walet banyak cara yang dilakukan oleh peternak walet salah satunya adalah menggunakan parfum atau aroma khusus percaya mampu meningkatkan perkembangan populasi burung walet. Parfum walet atau aroma khusus pemikat walet diyakini memiliki fungsi membentuk koloni dan mempertahankan walet yang telah terpancing oleh suara panggi. Parfum walet memiliki banyak jenis dan variasi. Terdapat jenis parfum walet yang diproduksi dalam skala besar dan diperjualbelikan oleh pabrik maupun home made dan ada juga parfum walet diolah sendiri oleh peternak walet menggunakan bahan yang mudah didapaatkan.


Di pasaran terdapat macam-macam merek aroma pemikat walet yang dapat kita beli di toko perlengkapan burung walet. Selain itu terdapat beberapa jenis parfum walet yang berbeda cara penggunaannya serta manfaat yang berbeda pula. Berikut adalah parfum walet yang biasa digunakan di kalangan budidaya burung walet.


1. Parfum sirip
Parfum sirip merupakan aroma yang digunakan atau diaplikasikan pada sirip tempat di mana walet tinggal dan bersarang. Penggunaanya adalah dengan cara menyemprotkan atau mengoleskannya pada sirip dengan volume tertentu dan dengan kadar yang sesuai. Parfum sirip mampu memikat anakan walet agar betah berada di dalam ruang inap. Selain itu parfum sirip juga merangsang walet dewasa agar terus membuat sarang dengan kualitas yang baik. Penggunaan parfum ini harus berhati-hati, karena jika tidak justru akan menimbulkan efek yang buruk seperti jamur, sirip berdebu dan berbau menyengat.

2. Parfum dinding
Berbeda dengan parfum sirip parfum dinding digunakan dengan tujuan untuk menciptakan ruangan inap seperti ruangan yang telah memiliki koloni walet yang banyak, mirip pada goa-goa alami. Penggunaan parfum ini ditujukan agar Walet merasa bahwa di ruangan tersebut sudah lama didiami koloni walet. Parfum jenis ini biasanya digunakan pada gedung-gedung baru sebagai upaya menghilangkan bau semen, bau kayu,dan  bau dari bahan bahan material yang digunakan dalam pembangunan. Cara menggunakan parfum ini adalah dengan menyemprotkan atau mengoleskannya pada dinding ruangan inap dan ruang terjun rumah burung walet. Penggunaan parfum ini juga harus sesuai dengan kadar dan jumlah yang standard. Agar tidak terjadi efek buruk bagi ruangan pada rumah burung walet, seperti bau menyengat sehingga membuat walet enggan mendekat.

3. Parfum ruangan
Parfum jenis ini biasanya berupa cairan aerosol yang dicampur dengan oksigen yang dikemas dalam kaleng semprot. Penggunaan parfum ini tidak dioles tetapi disemprot padang area ruangan inap. Beberapa peternak walet menggunakan alat tambahan berupa dispenser agar dapat menggunakan parfum ini terus menerus dengan waktu penyemprotan yang bisa ditentukan. Parfum jenis ini biasanya digunakan peternak setelah selesai memanen sarang burung walet, dengan tujuan untuk menghindari stres pada burung walet akibat pemetikan sarang.

Penggunaan parfum atau aroma pemikat memang sangat bagus dalam memikat burung walet agar mampu perkembang dalam rumah burung walet. Namun kita harus jeli memilih parfum mana yang memiliki kualitas baik atau tidak. Agar terhindar dari efek samping yang justru dapat menurunkan produktivitas dan perkembangan sarang burung walet

0 Response to "Jenis-Jenis Parfum Aroma Walet Yang Digunakan Peternak Walet"

Post a Comment