Cara Membuat Parfum Walet dari Scotts Emulsion


Cara Membuat Parfum Walet dari Scotts Emulsion

Demi menunjang perkembangan sarang walet yang ada di dalam rumah burung walet, terkadang petani walet melakukan beberapa tips dan trik agar gedungnya disenangi oleh walet. Salah satu trik yang biasa digunakan oleh petani walet dalam menarik burung agar bersarang di gedungnya adalah dengan cara penggunaan parfum atau cairan aroma yang disenangi walet. Parfum walet sudah banyak beredar di pasaran dengan berbagai macam dan bentuk. Terdapat parfum berbentuk cairan bercampur gas yang diisi dalam botol kaleng, dengan cara penggunaan dipasang pada dispenser khusus yang dapat menyemprotkan parfum tersebut sesuai dengan waktu yang telah diatur. Ada juga parfum berbentuk cairan dalam botol dan derijen yang cara penggunaanya disemprotkan secara langsung pada dinding maupun sirip/lajur di dalam rumah walet.

Selain menggunakan parfum olahan pabrik yang beredar di pasaran, sebenarnya kita juga bisa membuat parfum sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Beberapa petani walet menggunakan remahan sarang hasil panen sebagai bahan pembuatan parfum. Ada juga petani yang membuat parfum walet dengan menggunakan bahan telur bebek dicampur rumput laut. Semua parfum olahan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun pada kesempatan kali ini, saya tidak membahas pembuatan parfum dengan bahan sarang walet atau telur bebek, melainkan menggunakan bahan vitamin anak ‘’Scott Imulsion’’.

Mungkin tidak pernah terlintas dalam benak kita bahwa Scotts Imulsion yang merupakan vitamin anak yang sering dijual di apotek itu dapat dijadikan parfum yang cukup handal dalam memikat burung walet. Bagi petani walet yang sudah berpengalaman, parfum dengan bahan ini sudah tidak asing lagi, karena parfum ini merupakan ‘’rahasia dapur’’ yang bagus diaplikasikan di rumah burung walet. Membuat parfum walet jeni ini sangatlah mudah. Bahan dan langkah-lagkahnya adalah sebagai berikut.

  • 1 Botol Scotts Emulsion Original
  • 15 Butir Minyak Ikan
  • 1 Liter Air
  • Mangkok/Ember Kecil
  • Semprotan Air dengan kapasitas 1 liter/lebih
  • Blender (tidak harus)


  1. Buka kemasan botol scott emulsion dan tuangkan dalam mangkuk/ember kecil
  2. Campurkan 15 minyak ikan dan 1 liter air ke dalam mangkuk tersebut
  3. Aduk hinga benar-benar merata. Pengadukan bisa menggunakan belender dengan kecepatan redah.
  4. Setelah pengadukan selesai, masukan cairan ke dalam alar penyemprot.
  5. Parfum siap digunakan.


Parfum yang sudah selesai dibuat dan siap digunakan langsung diaplikasikan di dalam gedung walet. Semprotkan parfum ke dinding ruang inap dengan jarak sekitar 10cm dari sirip/lajur. Semprotkan dibeberapa titik, dengan jarak antar titik semprot sekitar 1-2m. Parfum ini jangan disemprotkan pada sirip/lajur. Setelah penyemprotan selesai aroma yang khas akan mulai tercium dalam ruang inap. Parfum digunakan dalam sekali olah. Jangan menyimpan parfum terlalu lama. Jika sudah selesai pembuatan disarankan langsung digunakan dalam gedung sampai habis. Setelah penyemprotan, dalam kurun waktu 1 bulan anda bisa melihat di dalam gedung apakah ada perubahan penambahan titik-titik sarang atau tidak.

Nah itu tadi adalah sedikit tips dari saya mengenai pembuiatan parfum walet dengan menggunakan bahan dasar Scotts Emulsion. Semoga artikel ini bermanfaat bagi petani walet sekalian, dan selamat mencoba.

7 Responses to "Cara Membuat Parfum Walet dari Scotts Emulsion"

  1. apakah bapak sdh mengaplikasikan nya sendiri ?

    ReplyDelete
  2. Kalau memang benar dan sudah diuji cobakan sendiri dan berhasil ya bagus alhamdulillah jadi ladang ibadah, namun kadang kita bagi pemula langsung mencoba tdk pikir panjang akhirnya fatal, ada yg bilang dibakari dufa, kemenyan semua tdk ada bukti gambar dia uji coba jadi berhati2lah teman2

    ReplyDelete
  3. Sy smntr uji coba. Moga2 aja berhsil.

    ReplyDelete
  4. Saya sudah coba tp sy lebih memilih pakai parfum walet merk walet alami
    Lebih praktis

    ReplyDelete
  5. Cara membuat aroma sirip g mana ya pak?

    ReplyDelete
  6. Lebih efektif menggunakan putih telur bebek+sarang walet (kualitas rendah)+rumput laut diblender. Saya sdh buktikan perubhannya gan.

    ReplyDelete
  7. Saya pemula.namun d rbw saya pernh pake hn1 untuk lantai 2 dan3.lantai dasar tdk.namun apa yg terjadi yangberisi sekarang lantai 1 saja 7 bulan on 2 sarang sudah menetas 2 kali sekarang ad tmbhan 3titik sarang.lntai 2dn3 masih kosong.apanya salah mas parfumnya atau apanya.sehingga justru yg tdk dsemprot parfum yg berisi duluan.mhon pencershannya.

    ReplyDelete