Manfaat dan Khasiat Di Balik Mahalnya Sarang Burung Walet

Di beberapa negara Asia, sarang burung walet dianggap sebagai salah satu makanan yang diyakini memiliki kandungan obat untuk berbagai macam penyakit. Manfaat sarang burung walet ini berasal dari sekresi kelenjar ludah spesies burung walet tertentu.

Sarang walet biasanya disajikan dalam bentuk minuman atau sup. Olahan sarang walet didominasi oleh kandungan protein yang cukup tinggi hingga 60 persen. Dan sisanya merupakan karbohidrat dan lemak. Selain itu, sarang burung walet juga mengandung asam amino, kalsium, natrium, dan kalium. Kandungan nutrisi di dalamnya bervariasi, tergantung dari jenis dan tempat walet berkembang biak. Selain sebagai makanan, sarang burung walet juga dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat sarang burung walet bagi kesehatan


Mencegah Obesitas
Sarang walet termasuk makanan tinggi antioksidan. Antioksidan adalah senyawa aktif yang bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas, penyebab berbagai penyakit kronis dan salah satunya adalah diabetes. Kandungan nutrisi dalam sarang walet dapat membantu mencegah otak melepaskan sinyal yang memperbanyak produksi insulin sebagai respon dari asupan lemak berlebihan. Sarang walet juga berpotensi memelihara kerja metabolisme tubuh untuk memecah lemak lebih efektif.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi sarang burung walet rutin selama 30 hari dapat meningkatkan kekebalan imun dalam usus yang melemah akibat kemoterapi. Sarang burung walet kaya akan kandungan mineral lengkap seperti potasium, natrium, kalsium dan lainnya. Setiap kandungan mineral berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh melawan beragam penyakit. Kandungan mineral tersebut juga meningkatkan kemampuan memulihkan diri lebih cepat setelah sembuh dari sakit. Selain itu, sarang burung walet juga kaya kandungan antioksidan yang mampu memerangi sel-sel kanker.

Sumber Mineral dan Kalsium
Sarang burung walet diperkaya oleh berbagai mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Di antaranya mangan, tembaga, seng, dan kalsium. Mineral mangan bertugas untuk membantu pertumbuhan tulang, penyembuhan luka, sekaligus melancarkan proses metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino di dalam tubuh. Mangan juga berfungsi untuk mengaktifkan dan memastikan enzim bekerja dengan baik di dalam tubuh Anda. Sementara tembaga berperan menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Tembaga juga mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh, serta meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.Bagi tubuh, asupan kalsium yang mencukupi berperan menjaga kesehatan tulang dan persendian, serta mengatur proses pembekuan darah.

Meremajakan Kulit
Sarang burung walet mengandung threonine yang mendukung produksi kolagen dan membentuk elastin yang penting untuk merekonstruksi struktur sel-sel kulit jadi lebih baik dan saat dikombinasikan dengan kandungan glycine, ampuh mencegah kerutan, jerawat dan mengurangi terbentuknya flek-flek hitam.

Menetralisir Racun
Sarang burung walet diketahui mengandung beragam nutrisi lengkap yang ampuh menetralisir kandungan racun dalam tubuh dan menstimulasi pertumbuhan sel darah merah. Sarang burung walet juga dapat membantu kinerja ginjal agar dapat berfungsi maksimal. Bagi kesehatan kardiovaskular, kandungan dalam sarang burung walet dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar menghindari penyumbatan dalam pembuluh darah.

Manfaat sarang burung walet memang baik bagi kesehatan, namun berhati-hatilah dalam mengonsumsi sarang burung walet, terutama bagi anak-anak. Hal ini karena sarang burung walet mengandung protein dengan sifat yang menyerupai protein penyebab alergi pada telur. Dan sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi sarang burung walet sebagai suplemen pendamping pengobatan suatu penyakit.

VIDEO

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Di Balik Mahalnya Sarang Burung Walet"

Post a Comment