5 Fakta Unik Tentang Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui

Burung walet adalah hewan yang termasuk dalam jenis unggas yang dapat terbang. Berbeda dengan jenis burung lainnya yang dimintai karena keindahan suara atau bulunya, keistimewaan walet justru terletak pada sarang nya. Walet merupakan 1 dari sekian banyak hewan yang membuat sarang dengan menggunakan sesuatu dari tubuhnya. Walet membangun sarang dengan air liurnya yang dirajut secara perlahan dan bertahap. Sarang walet dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, itulah mengapa harga sarang walet terbilang cukup mahal. Untuk mengenal lebih dekat dengan burung berliur emas ini, berikut akan kita bahas mengenai fakta unik tentang burung walet.


1. Hidup di wilayah Asia
Walet merupakan burung yg sangat bergantung pada iklim yang sejuk. Tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Itulah mengapa walet hanya dijumpai di negara-negara asia
seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Cambodia, Brunei, dan negara asia lainnya. Suhu yang
sejuk dan kelembaban yg tinggi diperlukan walet untuk menjaga sarangnya agar tetap
kokoh.

2. Hidup berkoloni
Walet merupakan hewan yang hidup berkoloni. Artinya dalam satu habitat terdapat kelompok walet yang tinggal dan hidup bersama dalam hubungan yang dekat dan saling bergantung. Hidup dengan cara berkelompok merupakan salah satu cara walet dalam mempertahankan hidupnya. Walet sangat lemah dalam pertahanan diri terhadap pemaangsanya. Selain itu, hidup berkelompok juga memudahkan walet dalam mencari pakan dan berkembang biak.

3. Memiliki liur yang kaya nutrisi
Air liur walet dipercaya memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti protein, zat besi, kalsium, kalium, dll. Inilah mengapa air liur walet banyak dicari untuk ramuam obat- obatan atau hanya sekedar untuk konsumsi sehari-hari. Air liur walet mulai diproduksi ketika walet beranjak dewasa dan mulai memasuki masa kawin. Ketika usia tua, air liur walet perlahan akan semakin sedikit diproduksi.

4. Hewan yang setia
Walet merupakan hewan yang setia. Dalam masa hidupnya walet hanya mencari 1 dari lawan jenisnya untuk dijadikan pasangan. pasangan Walet akan bersama-sama membangun sarang dan membesarkan anak-anaknya. Begitu seterusnya dalam setiap musim. Itulah mengapa tidak sedikit orang yang menggunakan lambang walet sebagai arti dari kesetiaan.

5. Hewan migrasi
Migrasi yang dilakukan oleh koloni walet biasanya dipengaruhi oleh ketersediaan makanan, rusaknya habitat, atau pencemaran lingkungan. Migrasi kecil yang dilakukan oleh walet biasanya hanya dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya tidak jauh. Namun walet juga bisa melakukan migrasi besar-besaran sampai antar pulau.

Simak video pembahasan berikut ini

0 Response to "5 Fakta Unik Tentang Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment