Sumber Pakan Bagi Burung Walet

Makanan walet pada dasarnya adalah segala jenis serangga terbang berukuran kecil yang tidak memiliki bau menyengat atau bisa tertentu. Namun lebih spesifik lagi ada beberapa serangga yang menjadi makanan kesukaan burung walet. Makanan burung walet diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Jenis lalat buah
  2. Laron
  3. Lebah kecil
  4. Belalang 
  5. Rayap/anai-anai 
  6. Kepik/beluk/lembing/
  7. Capung
  1. Lamtoro sebagai tanaman pendukung, selain membuat teduh, mampu menyediakan serangga pakan walet. Penanaman lamtoro mini sebagai penghasil serangga terbang pakan walet. 
  2. Lingkungan rumah banyak pepohonan merupakan gudang makanan tambahan walet. Serangga organik (pupuk urea yang dibasahi air) 
  3. Serangga nonorganik (gaplek, jerami padi, bekatul, dedak, menir, tape/peuyeum, dan lain-lain). Mengundang serangga dalam gedung dilakukan dengan menimbun gaplek, bekatul, jagung, dan gabah, agar muncul serangga kecil beterbangan untuk makanan walet. 
  4. Tumpukan jerami padi dapat mendatangkan kutu sebagai pakan walet setelah disiram air dan ditumpuk di luar dan di dalam gedung walet. 
  5. Serangga kotoran binatang (kotoran ayam/kambing/sapi/kerbau, dan lain-lain) 
  6. Serangga pasar tradisional (serangga kulit nangka, pisang, nanas, dan lain-lain) 
  7. Penumpukan buah busuk atau batang pisang yang dibiarkan membusuk, akan mendatangkan serangga terbang yang dapat digunakan sebagai makanan walet. 
  8. Menimbun kayu, kegiatan ini akan menghasilkan banyak serangga sehingga bisa digunakan untuk memancing seriti/walet.
Extra Fooding
Extra fooding adalah makanan tambahan yang dapat menimbulkan serangga. Contoh: gaplek dan bekatul, Pada dasarnya, walet mencari makan sendiri dengan jalan keluar sarang pada pagi hari dan kembali pada sore hari, yaitu mencari serangga terbang bersayap. Pada musim kemarau ketika persediaan pakan (serangga terbang) tidak begitu melimpah, diperlukan makanan tambahan (extra fooding) didalam dan diluar gedung/rumah walet. Extra foodig ini dapat juga berfungsi sebagai pemikat/penarik walet untuk masuk ke dalam rumah walet yang telah dibangun. Extra fooding ini berpengaruh pula pada sarang yang dihasilkan oleh walet.

0 Response to "Sumber Pakan Bagi Burung Walet"

Post a Comment