Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti

Habitat asli walet adalah gua, namun pada saat ini sudah banyak dilakukan modifikasi gua di gedung walet. meskipun habitat bersarang alami walet ini adalah gua-gua kapur, jenis burung ini sejak tahun 1880 telah berhasil ditangkarkan dalam habitat buatan, yaitu rumah yang didesain secara khusus . Burung walet memiliki spesies sejenis yang memiliki kemiripan bentuk fisiknya, yaitu burung seriti dan laying-layang. Tidak sedikit orang awam yang tidak bisa membedakan antara burung walet dengan burung seriti.

Walaupun memiliki kemiripan, sejatinya burung walet dan burung seriti adalah berbeda. Dan berikut ciri-ciri burung walet yang perlu anda ketahui. Ciri fisik burung walet adalah berbulu coklat kehitaman dengan bulu bagaian bawah coklat keabu-abuan dan bulu ekor sedikit bercelah. Walet memiliki suara yang melengking tinggi. Panjang badan walet dewasa adalah 12 cm, bentuk mata bulat dengan warna coklat gelap, paruh dan kaki walet berwarna hitam. Sayapnya sangat kaku dengan tubuh yang ramping dan ringan. Perkiraan kecepatan terbang berkisar antara 100-150 km/jam dan mampu terbang selama 12 jam tanpa berhenti. Ekonavigasi lebih tajam dibandingkan dengan burung seriti.

Pada bagian kerongkongan terdapat sepasang glandula salivales, yaitu sepasang kelenjar yang menghasilkan air liur. Besar kecil kelenjar air liur ini tergantung umur burung. Walet memiliki kaki yang lemah untuk berdiri, namun kuat untuk bergantung. Ketika hinggap di sarang, burung walet hanya bisa bergantung dengan mencengkramkan kakinya di tepi sarang. Sedangkan seriti dapat hinggap dan bertenger di sarang dengan posisi berdiri. Selain itu ketika terbang, walet tidak pernah berhenti untuk singgah dan bertengger di pepohonan atau kabel listrik. Berbeda dengan seriti yang suka bertengger di pohon maupun kabel listrik.

Telur walet hampir sama dengan telur sriti hanya saja ukurannya sedikit berbeda. telur walet memiliki ukuran yang lebih besar dari pada telur sriti. Walet dapat menghasilkan telur sebanyak dua butir kecuali pada saat stress seperti gangguan hama, polusi udara ketersediaan pakan yang rendah dll . Perbedaan lain antara burung wallet dan burung seriti adalah pada sarangnya. Sarang burung seriti dibuat dari material seperti daun cemara, rumput, dan lumut laut yang direkatkan oleh air liur burung. Sedangkan sarang walet murni terbuat dari liur walet. Harga sarang burung seriti lebih murah, berkisar Rp500.000/kg; sedangkan sarang walet memiliki harga Rp 10 - 15 juta/kg, tergantung kualitas dari sarang walet tersebut. Untuk lebih jelas, simak video berikut ini.

VIDEO Perbedaan Walet dan Sriti

0 Response to "Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti"

Post a Comment