Cara Menentukan Arah LMB Pada Rumah Walet Yang Tepat

Ketika membangun rumah burung walet kita harus memperhatikan beberapa hal. Agar pembangunan gedung walet tersebut dengan kelayakan dan standarisasi rumah walet yang ideal. Salah satu yang perlu kita perhatikan adalah letak Lubang masuk burung atau LMB. Banyak peternak walet yang masih kebingungan mengenai arah mana yang sesuai lubang masuk burung. Selain itu banyak informasi yang berkembang peternak walet namun informasi tersebut salah. Sehingga membuat para peternak walet menjadi lebih bingung. Misalnya adalah informasi yang menyebutkan bahwa lubang masuk burung tidak boleh menghadap matahari terbit maupun matahari terbenam. Ada juga informasi yang mengatakan lubang masuk burung tidak boleh menghadap arah selatan. Dan masih banyak lagi informasi salah yang beredar dan membuat peternak walet semakin bingung
Kebingungan yang melanda para peternak walet biasanya menyebabkan perubahan posisi lubang masuk pada rumah walet yang dilakukan secara serampangan. Lubang masuk dipindah ke berbagai posisi yang justru gedung menjadi tidak optimal bahkan parahnya lagi dapat membuat walet yang sudah menginap menjadi stress.
Lantas seperti apakah lubang masuk yang ideal dan ke arah manakah lubang masuk tersebut menghadap. Sebenarnya posisi lubang masuk yang benar mesesuaikan dengan kriteria lokasi di mana rumah burung walet tersebut berada.

Simak Video Berikut Untuk Penjelasannya
Berikut adalah posisi lubang masuk burung yang benar sesuai dengan beberapa lokasi
1. Lokasi lintasan walet

Lokasi lintasan walet merupakan tempat dimana jalur walet pulang sore ketika koloni walet saya mencari makan. Jalur ini biasanya akan ramai pada pagi dan sore hari. Tigapagi burung akan berangkat mencari makan sedangkan sore hari burung pulang dari mencari makan menuju sarangnya.. Gedung walet yang berada pada jalur ini sangat cocok jika lNB nya menghadap ke arah walet pulang sore yaitu menyambut atau menyongsong walet pulang. Jika dengan keadaan atau kondisi tertentu tidak memungkinkan untuk membuat LNB menghadap arah walet pulang maka bisa saja posisinya menyamping asal tidak sampai membelakangi arah walet pulang.. Asalkan pada sore hari burung walet pulang dari arah timur ke barat maka posisi yang lmb yang ideal adalah menghadap Timur jika tidak bisa menghadap Timur minimal menghadap serong ke utara maupun serong ke selatan. Dan tidak baik jika menghadap ke barat.

Jika ternyata pada lokasi tersebut dua jalur atau lebih lintasan walet maka tentukanlah jalur mana yang paling banyak dilewati oleh koloni walet Ketika pulang.

2. Lokasi pakan
Berbeda dengan lokasi lintasan, lokasi pakan biasanya akan selalu ramai walet oleh kawanan walet dari berbagai arah. Karena di lokasi ini keluarnya datang dari berbagai penjuru dan terbang secara acak, sehingga di lokasi ini posisi lubang yang baik adalah menghadap pada sumber pakan sehingga ketika walet mencari makan ia akan sambil bermain-main di lubang masuk. Kasih ini biasanya semua arah mata angin cocok dijadikan arah lubang masuk burung., karena tidak terpaku pada satu jalur saja. Selain itu lokasi ini akan ramai walet tidak hanya di pagi dan sore hari Namun bisa setiap saat. Itulah mengapa di lokasi ini lebih diuntungkan dan sangat potensial untuk pembangunan rumah burung walet.

3. Lokasi sentral gedung walet

Di lokasi ini biasanya sudah banyak terdapat gedung walet baik yang berukuran tinggi maupun berukuran rendah. Dan biasanya ketika kita ingin membangun gedung di lokasi ini akan kesulitan menentukan arah lubang masuk karena Banyaknya pilihan melihat dari gedung yang sudah ada atau disebabkan ketinggian yang kurang sehingga terhalang oleh gedung lain.. Jika seperti ini yang harus kita lakukan adalah mengikuti arah lubang di gedung yang sudah kolonial misalkan di lokasi itu gedung yang sangat banyak koloni nya menghadap ke arah selatan maka Jika memungkinkan kita juga mengarahkan lubang ke arah selatan. Namun jika tidak memungkinkan maka kita harus mencari arah lubang yang luas tanpa terhalang oleh berbagai hal namun kita harus menggunakan hexagonal.

1 Response to "Cara Menentukan Arah LMB Pada Rumah Walet Yang Tepat "