Pantangan Yang Tidak Boleh Dilanggar Bagi Gedung Walet Baru

Bagi peternak walet pemula yang baru saja memulai bisnis sarang burung walet, tidak sedikit yang terbesit perasaan galau akan kondisi gedung barunya. Apakah sudah layak dihuni oleh burung walet atau sebaliknya. Nah perasaan ini biasanya membuat peternak melakukan hal-hal yang sebenarnya justru menjadi pantangan yang tidak boleh dilakukan pada gedung walet baru.

Perlu anda ketahui bahwa usaha budidaya sarang burung walet bukanlah mejic melainkan teknik. Jadi anda tidak bisa mendapatkan keuntungan secara instan dan dalam waktu singkat dari bisnis. Keuntungan yang dapat anda raih memerlukan waktu dan proses. Sehingga anda harus menjalani setiap prosesnya dengan penuh kesabaran serta diiringi dengan teknik dan ilmu yang benar.

Lantas apa saja sih pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh peternak walet pada gedung baru? Berikut ini akan kami jabarkan 4 point yang tidak boleh anda lakukan pada gedung atau rumah walet baru.


1. Sering masuk gedung
Jika anda baru saja mengaktifkan gedung walet. Maka jangan lah sering keluar masuk gedung. Baik untuk melakukan renovasi atau hanya sekedar kontrol gedung. Biarkan walet yang baru masuk beradaptasi dengan nyaman di gedung anda tanpa ada gangguan dari manusia. Jadwal yang tepat untuk masuk gedung baru adalah 3 bulan sekali.

2. Gonta ganti suara
Sebelum memulai mengaktifkan gedung, pilihlah paket suara walet yang berkualitas. Baik itu suara panggil, tarik, maupun inap. Sehingga anda tidak lagi menggonta-ganti suara dikarenakan tidak adanya respon walet. Dampak dari pergantian suara yang sering adalah membuat walet baru stres dan akan hengkang dari gedung anda.

3. Menyetel volume yang terlalu nyaring
Sebagian orang beranggapan bahwa volume nyaring akan lebih jauh menjangkau koloni walet, sehingga walet yang terpancing akan lebih banyak. Pemikiran ini jelas keliru. Karena suara yang terlalu nyaring justru membuat walet enggan masuk ketika sudah di dekat gedung. Setelan volume yang baik adalah tidak terlalu nyaring dan juga tidak terlalu pelan. Setellah volume yang nyaman didengar

4. Menggunakan sesuatu yang tidak jelas manfaatnya
Tidak sedikit peternak walet yang menggunakan sesuatu tanpa mencari tahu secara detail manfaat benda tersebut. Seperti menggunakan bambu, garam, nanas, dll. Akibatnya gedung justru menjadi tidak produktif. Gunakanlah benda yang benar-benar menunjang budidaya walet.

Untuk lebih jelas anda bisa menyimak pembahasan mengenai Pantangan Yang Tidak Boleh Dilanggar Bagi Gedung Walet Baru berikut ini!

Video pembahasannya

0 Response to "Pantangan Yang Tidak Boleh Dilanggar Bagi Gedung Walet Baru"

Post a Comment