Siklus Hidup Burung Walet Dilengkapi Dengan Periode Panen Yang Tepat

Bisnis walet yang sedang menjamur saat ini membawa angin segar bagi perkembangan komoditas dan ekspor sarang walet di Indonesia. Bagi peternak walet, diperlukan pemahaman tentang siklus hidup burung walet. Pemahaman terhadap siklus walet diperlukan sebagai acuan bagi peternak walet dalam memperhatikan masa panen dan meningkatkan populasi burung walet. Banyak petani walet yang hanya tahu memetik sarang saja, tanpa memperhatikan siklus hidup burung. Alhasil perkembangbiakan burung akan terhambat dan kualitas sarang dapat menurun. Siklus hidup burung walet memeiliki perbedaan antara musim penghujan dan musim kemarau. Hal ini karena dimusim penghujan walet lebih cepat dalam membuat sarang, persedian makanan pun melimpah dibanding musim kemarau. Lantas bagaimana sih siklus hidup walet.


  1. Siklus hidup walet dimulai dari menetasnya telur walet. Walet biasanya bertelur 2 butir, walaupun terkadang bisa sampai 3 bahkan 4 butir.
  2. Setelah menetas anakan walet akan diasuh induknya selama 45 hari. Selama masa asuh ini, indukan akan fokus memberikan asupan makanan kepada anakan walet. 
  3. Ketika mendekati 45 hari anakan akan mulai belajar terbang untuk mengeksplor di sekitar sarang sampai nanti dia akan bisa terbang bebas. 
  4. Setelah anakan beranjak remaja dan dapat terbang, dia akan terbang mengikuti koloni yang sudah ada, sampai waktu 30 hari dimana ia akan memasuki masa kawin. 
  5. Ketika walet sudah menemukan pasangannya, ia akan bersama2 mencari tempat yang sesuai untuk membuat sarang.
  6. Ketika perkawinan mulai berlangsung, pasangan walet akan merajut air liurnya untuk membuat sarang. Waktu pembuatan sarang berbeda2, tergantung musim yang dilewati. Pembuatan sarang pada musim hujan akan berlangsung selama 40 hari hingga sarang sempurna. Sedangkan ketika musim kemarau pembuatan sarang akan lebih lama, yaitu hingga 80 hari.
  7. Setelah sarang jadi dan waktu bertelur tiba,walet betina akan mengeluarkan rata2 2 telur dalam waktu 8 hari. 
  8. Ketika telur sudah keluar semua, maka tugas walet betina kini mengerami telur tersebut selama kurang lebih 21 hari. Jika tidak ada hambatan telur akan menetas semuanya. Anakan yang baru menetas akan diasuh oleh induknya sampai siap terbang. 
Dan seperti itulah terus menerus.Demikian pembahasan mengenai siklus hidup burung walet. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share video ini agar terus memberikan pengetahuan kepada banyak orang.

Simak Video Pembahasan Mengenai Siklus Hidup Burung Walet Dilengkapi Dengan Periode Panen Yang Tepat Berikut Ini

0 Response to "Siklus Hidup Burung Walet Dilengkapi Dengan Periode Panen Yang Tepat"

Post a Comment