Desain Lubang Masuk Burung (LMB) Yang Benar Pada Rumah Walet

 

Lubang Masuk Burung pada rumah walet menjadi hal yang perlu diperhatikan keberadaanya. Karena dari lubang inilah burung walet pertama kali akan masuk dan mengeksplor seluruh penjuru ruangan yang ada di rumah walet. Tidak sedikit peternak walet pemula yang masih bingung tentang kriteria dan bagaimana lubang masuk burung  yang benar. Berikut adalah beberapa kriteria lubang masuk burung yang benar pada rumah walet.

  1. Letak lubang masuk burung harus dibuat dengan ukuran yang ideal. Ukuran yang ideal adalah ukuran yang tidak terlalu sempit dan juga tidak terlalu lebar. Sehingga tidak menggangu kestabilan cahaya, suhu kelembapan, dan manuver burung di dalam rumah walet.  Ukuran standar lubang masuk burung adalah 80x50cm. Jika terlalu sempit, burung akan kesulitan memasukinya. Dan jika terlalu lebar cahaya matahari yang langsung masuk ke dalam rumah walet akan mengakibatkan kondisi di dalam rumah walet menjadi sangat terang. Sehingga, temperatur menjadi naik dan kelembapanmenjadi tidak stabil. Selain ¡tu, penempatan lubang masuk walet harus memperhatikan arus terbang burung dan lebar ruangan. 
  2. Lubang masuk burung yang terbaik adalah menghadap ke arah burung pulang sore hari. Misalnya, walet pulang dari arah barat menuju timur, maka lubang masuk burung sebaiknya menghadap ke arah barat. Posisi ini akan membuat burung mudah langsung masuk ke ruang inap ketika pulang sore tanpa harus berbelok.
  3.  Lubang masuk burung sebaiknya berjarak minimal 50 cm dari plafon atas dan 50 cm dari sudut dinding. Lubang yang terlalu dekat dengan plafon atas akan menyulitkan burung keluar masuk gedung dan dikawatirkan akan terjadi benturan dengan dinding maupun plafon. Selain itu, suhu di sekitar lubang akan lebih panas karena terlalu dekat dengan atap.
  4.  Di depan lubang masuk burung harus terdapat area terbuka. Lebih baik lagi jika area terbuka tersebut adalah tempat sumber pakan walet seperti persawahan, kebun, atau rawa. Hal ¡ni dimaksudkan agar burung walet merasa aman dan mudah bermanuver saat menuju ke lubang masuk. Selain itu area terbuka akan memudahkan burung walet untuk melihat lubang masuk dari jarak jauh. Area terbuka yang luas juga berguna sebagai tempat bermain walet serta membantu walet untuk menghindari sergapan dari predator.
Simak penjelasannya pada video berikut

0 Response to "Desain Lubang Masuk Burung (LMB) Yang Benar Pada Rumah Walet"

Post a Comment