Penyebab Walet Hanya Keluar Masuk LMB Saja

Kasus burung hanya keluar masuk di LMB tidak bisa dianggap enteng. Mungkin Anda berpikir lama-kelamaan burung tetap akan terjun ke void walaupun awalnya hanya keluar masuk LMB saja. Pemikiran tersebut tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Burung yang hanya bermain di LMB bisa saja tidak mau sama sekali terjun ke lubang void karena beberapa alasan. Berikut adalah beberapa hal yang membuat burung tidak mau terjun ke lubang void.

 

Penyebab Walet Hanya Keluar Masuk LMB Saja

1. Void terlalu kecil

Void atau lubang terjun yang terlalu sempit membuat gerak burung menukik menjadi terbatas. Burung perlu terbiasa sampai bisa menukik dengan mudah di void yang sempit. Namun burung-burung yang baru terkadang enggan mencoba terjun melalui void yang sempit karena sudah merasa tidak nyaman. Standard ukuran void yang ideal adalah 4x4 meter. 


2. Rumah monyet terlalu sempit

Sama halnya dengan lubang terjun, ukuran rumah monyet yang kecil juga membatasi gerak burung walet yang biasa melakukan gerakan memutar dengan dimensi 4x4 meter. Sehingga dengan ruang yang sempit burung akan merasa tidak nyaman dan akhirnya ke luar lagi. Dan begitu seterusnya.

 

3. Tidak adanya suara tarik

Tidak hanya suara panggil di LMB yang dapat menarik koloni walet, suara tarik di lubang terjun dan ruang inap pun harus diperhatikan. Jika suara panggil di LMB adalah menarik koloni walet dari luar. Maka fungsi suara tarik adalah agar menuntun walet masuk lebih jauh ke dalam ruangan. Tidak adanya suara tarik membuat burung hanya suka bermain di sekitar LMB.

 

4. Adanya predator atau pengganggu

Gedung walet harus selalu di kontrol dari serangan predator dan pengganggu bagi burung walet. Jika ada predator di dalam rumah walet, seperti tikus, burung hantu, dan tokek, maka burung walet akan enggan masuk ke dalam rumah walet. Burung hanya akan keluar masuk LMB.

 

5. Tata ruang yang salah

Dalam membangun rumah walet, kita harus menyesuaikannya dengan karakteristik ruangan yang disukai walet. Bukan kita memaksa burung walet yang harus menyesuaikan keinginan kita. Tata ruang yang salah membuat walet kesulitan mengakses ruangan dalam rumah walet. Misalnya adalah, letak void yang jauh dan sekat ruang yang menghambat akses terbang burung walet. 

 Simak video pembahasannya berikut ini.

0 Response to "Penyebab Walet Hanya Keluar Masuk LMB Saja"

Post a Comment