Membina RBW Hingga Berkembang Maksimal dengan Budget Minim

 

Membangun rumah walet harus diawali dengan perencanaan yang matang dan spekulasi biaya yang tepat. Hal ini bertujuan agar tidak banyak dana terbuang sia-sia. Walet tidak pernah melihat seberapa besar dana yang dikeluarkan untuk membuat gedung walet, namun walet akan melihat seberapa nyaman sebuah gedung walet untuk didiami. Faktanya di lapangan menunjukan banyak rumah walet dengan ukuran minimalis mampu menginapkan koloni walet hingga panen dalam jumlah besar. Syarat utama adalah bangunan tersebut telah memenuhi standar rumah walet yang ideal dan memiliki kondisi seperti habitat asli burung walet. Nah.. untuk memenuhi rasa penasaran Anda tentang bagaimana mengoptimalkan gedung walet dengan budget minim, berikut akan kami jelaskan beberapa point membina rumah walet dengan budget minim namun berpotensi besar menginapkan koloni walet.

1. Pilih lokasi yang strategis

Hal pertama yang harus dilakukan ketika merencanakan pembangunan rumah walet adalah memilih lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang terdapat banyak koloni walet dan jauh dari persaingan dengan gedung lain. Kategori lokasi yang masuk dalam kriteria strategis adalah seperti lokasi walet mencari makan, lokasi lintasan koloni walet pulang, lokasi yang belum ada rumah walet, dan lokasi yang dekat dengan sumber air. Selain itu, sebisa mungkin hindari memilih lokasi yang dekat dengan persaingan gedung walet yang ketat.

2. Pilih bahan material yang murah

Rumah walet rata-rata menggunakan bahan material bata merah dan semen sebagai bahan dasarnya. Namun jika budget terbatas, kita bisa memilih bahan material lain sebagai penggantinya. Alternatif pengganti bahan material bata yang lebih murah adalah seperti, papan, asbes, dan seng. Selian itu kontruksi lain seperti atap, rangka, dan papan sirip juga bisa menggunakan bahan dengan harga yang lebih murah.

3. Gunakan Pemancing pada papan sirip

Pancingan pada papan sirip berguna untuk memikat walet-walet baru , terutama walet-walet muda agar cepat menginap dan bersarang pada papan sirip. Selain itu pancingan juga memudahkan walet muda untuk bertengger pada papan sirip. Pacingan yang digunakan bisa berupa besek, ram kawat, busa sterefoam, dan plat aluminium.

4. Gunakan bak air sebagai pendingin ruangan

Ruang inap pada rumah walet harus senantias sejuk dan suhu harus tetap stabil. Menggunakan bak air sebagai pendingin ruang inap pada rumah walet adalah alternatif pengganti mesin kabut dan mesin pengembun. Bak air berfungsi menciptakan suhu dan kelembaban yang ideal. Suhu dan kelembaban yang menyerupai keadaan di goa-goa alam merupakan keadaan yang sangat disenangi oleh burung walet.

0 Response to "Membina RBW Hingga Berkembang Maksimal dengan Budget Minim"

Post a Comment