Kriteria Lokasi Ideal Untuk Budidaya Walet

Assalamualaikum sahabat dian walet, kami ucapkan selamat datang dan selamat berkunjung disitus Dian walet. Terimakasih atas luangan waktu anda untuk mengunjungi situs kami. Jika Anda ingin melihat desain-desain kami dalam bentuk video silahkan kunjungi chanel resmi kami di youtube.

Pembahasan kali ini adalah mengenai pemilihan lokasi. Perlu kecermatan yang jeli untuk memilih lokasi yang siap kita bangun seperti goa wallet alami. Sebelum berbicara mengenai gedung walet perlu dipahami sedikit mengenai insting dari walet itu sendiri dalam memilih tempat tinggal yang nyaman, sejuk, tentu saja bagi walet itu sendiri.

Walet adalah salah satu binatang goa, tempatnya lembab, sedikit cahaya, sunyi, sepi, dan jauh dari kebisingan. Tentu saja bagi Anda yang sudah salah dalam pemilihan lokasi tanpa perlu khawatir segera putuskan untuk merenovasi bangunan lama Anda sebelum menjadi lebih tidak ideal lagi. 

Kriteria Lokasi Ideal Untuk Budidaya Walet


  1. Pilih lokasi yang benar-benar sepi dari keramaian manusia, namun banyak pemukiman-pemukiman walet dilokasi tersebut. Untuk memastikan banyak walet yang bersarang dilokasi tersebut cermati dan perhatikan langit saat sore, tepatnya sebelum maghrib, dimana waktu inilah banyak koloni walet pulang ke sarang. 
  2. Hindari membangun gedung walet di kawasan ketat persaingan. Bersaing dalam bisnis merupakan hal yang wajar dan rawan sekali terjadi, hindari pembangunan gedung anda dengan gedung-gedung walet yang sudah ada, kami sadari mental Anda mungkin lebih besar dalam bersaing bisnis walet ini. Namun perlu analisa mendalam dan pemikiran yang benar-benar matang untuk bersaing dengan geudng walet yang sudah senior, karena bibit yang akan kita panen ini merupakan bibit-bibit yang berada diudara dan bukan atas kendali kita. 
  3. Daerah yang rawan hujan, semakin sering hujan semakin baik kualitas kelembapan gedung anda. 
  4. Kawasan dekat dengan sungai, danau, atau waduk merupakan kawasan yang sangat baik dalam menentukan lokasi pembangunan gedung walet. Kawasan ini merupakan daerah walet mencari makan, minum, serta mandi, Sehingga kawasan ini biasanya akan ramai kawanan walet di sore hari. 
  5. Daerah perkebunan dan persawahan juga meruapakan tempat strategis dalam pembangunan rumah burung walet. Perkebunan yang biasanya disinggahi oleh kawanan walet untuk mencari makan adalah perkebunan sawit, kelapa, serta perkebunan buah-buahan. Area sawah yang membentang juga sangat disenangi walet sebagai tempat mencari makan. 
  6. Wilayah pesisir yang bertebing dan bergoa adalah lokasi yang disenangi walet. Selain aman dari beberapa bahaya predator, lokasi pesisir juga dekat dengan sumber makanan dan air, sehingga lokasi ini strategis bagi walet mencari makan. 
  7. Hutan juga salah satu tempat yang disenangi oleh walet. Kawanan walet biasanya terbang jauh dari sarang menuju beberapa kawasan hutan yang ada disekitar. Bahkan walet bisa sampai terbang menuju hutan yang jaraknya cukup jauh dari sarang. Namun hal ini mudah bagi walet, karena walet merupakan burung yang memiliki daya terbang sangat bagus. Walet biasa terbang hingga radius 40-100km dari sarang.

0 Response to "Kriteria Lokasi Ideal Untuk Budidaya Walet "

Post a Comment