Fungsi Sekat Ruangan Pada Rumah Burung Walet

Dalam budidaya sarang burung walet banyak sekali terdapat model dan jenis bangunan baik dari luar maupun dari dalam. Salah satu yang membedakan dari beberapa jenis bangunan adalah penggunaan sekat ruangan atau tidak. Penggunaan sekat ruangan sampai sekarang masih menjadi perbincangan hangat apakah harus dalam rumah burung walet diberi sekat atau dibiarkan saja los.
Walau demikian perlu Anda ketahui bahwa sekat memiliki fungsi tersendiri dalam pengaplikasiannya di rumah burung walet. Walaupun sebenarnya pemasangan sekat ruangan tidak boleh sembarangan. Rumah burung walet yang ingin di sekat harus Memiliki memenuhi beberapa persyaratan. Salah satunya adalah ukuran yang luas.


Perlu Anda ketahui bahwa ketika terbang di ruangan burung walet Harus Memiliki tempat yang luas untuk melakukan uttaran uttaran putaran. Putaran burung walet terbang dalam ruang inap 4 * 4 meter. Sehingga setiap bagian ruangan dalam rumah burung walet setidaknya memiliki luas minimal 4 * 4 meter. Baik itu di rumah monyet lubang terjun ruang transit maupun ruang inap. Oleh sebab itu pemasangan sekat tidak boleh sampai memotong Ruangan menjadi sempit atau kurang dari 4 * 4 meter. Itulah mengapa pemasangan sekat tidak sesuai untuk gedung yang berukuran kecil seperti ukuran 4 * 6 atau 4 * 4. Sebaliknya pada gedung dengan ukuran yang besar pemasangan sekat justru diperlukan untuk mencapai beberapa hal yang harus dipenuhi. Kegunaan sekat pada rumah burung walet


Meredam cahaya
Sekat berfungsi untuk menghalau cahaya yang masuk dari lubang masuk burung atau lmb agar tidak langsung terpapar menuju ruang inap. Karena Salah satu syarat ruang inap yang ideal adalah memiliki intensitas yang kemang. Sehingga dengan penggunaan sekat diharapkan cahaya yang masuk ke dalam ruang inap tidak terlalu banyak. Apalagi jika lNB menghadap matahari terbit maupun matahari terbenam. Di mana pada saat matahari terbit atau terbenam dari luar memiliki intensitas yang tinggi. Sekat peredam cahaya ini biasanya dipasang pada void atau lubang terjun baik dipasang secara full maupun hanya sekat gantung.

Membentuk ruangan koloni
Gedung walet yang dengan ukuran yang besar tuh harus memiliki 2 bulan kemampuan koloni lebih banyak dari gedung walet dengan ukuran kecil. Sekat ruangan ruangan gedung walet menjadi memiliki banyak tempat bunyi bersembunyi bagi burung walet baru. Terkadang burung walet baru menyukai yang tertutup atau jauh dari koloni walet yang sudah terbentuk. Di tempat yang tertutup itu iya merasa aman baik dari predator maupun dari burung walet yang sudah ada. Alat burung walet inilah yang akan membentuk koloni baru dalam ruangan yang berbeda.


Menstabilkan suhu
Ukuran kecil harus dibuat tidak bersekat agar udara dan kelembaban dapat bersirkulasi dengan baik. Namun pada gedung walet dengan ukuran besar jika ruangan inap di buat tidak bersekat maka suhu dan kelembaban bisa akan semakin berkurang. Suhu yang sangat dingin sangat tidak disukai walet. Dengan adanya sekat suhu akan memiliki bagian-bagian tertentu ruangan sehingga suhu akan tetap stabil.

Penambahan media membuat sarang
Pada gedung walet yang sudah memiliki koloni yang banyak jumlah sarang yang sudah penuh pada papan sirip burung akan membuat sarang pada dinding ruangan, namun jika pada dinding ruangan pun sudah dipenuhi sarang dan alternatif penambahan papan sirip tidak bisa dilakukan lagi maka dengan pemasangan sekat akan membantu penambahan media walet membuat sarang. Nantinya walet juga akan membuat sarang pada sekat ruangan. Pemasangan sekat dengan tujuan ini harus dengan menggunakan kayu maupun media lain yang sesuai dan disukai walet



Itulah beberapa kegunaan pemasangan sekat pada rumah burung walet. Perlu Anda ketahui bahwa pemasangan sekat harus memperhatikan beberapa faktor. Tidak semua model atau jenis rumah burung walet bisa dipasang ruangan. Oleh sebab itu sebelum kita memutuskan untuk menggunakan sekat atau tidak kita harus memperhatikan dampak yang ditimbulkan jika kita menggunakan sekat pada rumah burung walet. Selain itu bahan material yang digunakan untuk membuat sekat sangat beragam. Sekat bisa dibuat dari papan triplek terpal kalsiboard dan lain- line. Kita harus memilih bahan material yang bagus.

1 Response to "Fungsi Sekat Ruangan Pada Rumah Burung Walet"

  1. maaf ada no yg bisa di hubungi,no yg trtera di atas tdk aktif

    ReplyDelete